"BPBD Kabupaten Tuban sudah menggunakan SEPASI", demikian jawaban singkat Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Tuban, Sudarmaji, ketika Saya tanyakan perihal pelaksanaan Aplikasi SEPASI (Sistem Elektronik Pengelolaan Arsip Surat Internal) di BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Tuban.
"Dengan menggunakan Aplikasi SEPASI, Disposori surat bisa Saya lakukan dimanapun dan kapanpun", demikian lanjut Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji sambil mengangkat Telepon Seluler, karena ada Telepon masuk.
"Aplikasi SEPASI sangat membantu, tapi untuk Tanda Tangan Elektronik (TTE) masih belum Optimal", demikian lanjut Kalaksa BPBD Tuban, dan Saya Infokan, kalau memang butuh Pelatihan atau Optimalisasi Pelaksanaan Aplikasi SEPASI, teman teman Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (DKISP) Siap membantu.
Karena Beliau terlihat ingin segera menerima tamu yang sudah di agendakan, Saya akhiri wawancara singkat perihal SEPASI, dan keluar Ruangan beliau, untuk bergabung dengan Tim Saya yang sudah keluar ruangan beberapa saat sebelumnya, setelah melakukan komunikasi awal terkait Gangguan Jaringan Internet di BPBD Tuban.
Sebetulnya kunjungan Saya bersama Tim Infrastruktur dan Keamanan Informasi Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (DKISP) Tuban, tekait dengan keluhan Jaringan Internet di BPBD Kabupaten Tuban, yang sempat diinformasikan Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji via WhatsApp.
Gangguan yang terjadi, ada pada Jaringan Lokal, yang belum tertata dengan baik.
Diskusi menarik mulai terasa, saat Tamu yang lain pamitan, dan Tim Infrastruktur dan Keamanan Informasi DKISP Tuban kembali masuk ke ruangan Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji.
Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji ketika mendengar Gangguan yang terjadi, ada pada Jaringan Lokal, yang belum tertata dengan baik, mencoba mencari tahu lebih banyak tentang apa yang sebetulnya terjadi, dan menyampaikan harapanya, bagaimana PUSDATIN (Pusat Data dan Informasi) BPBD Kabupaten Tuban bisa Optimal, karena dengan tidak berfungsinya PUSDATIN, BPBD Kabupaten Tuban kesulitan mendapatkan Anggaran dari Pusat.
Dengan telaten teman teman Tim Infrastruktur dan Keamanan Informasi DKISP Tuban, menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh Kalaksa BPBD, yang nota bene bukan Orang Teknis.
Dan bahkan teman teman Tim Infrastruktur dan Keamanan Informasi DKISP Tuban, menyatakan "Kami Siap melakukan Supervisi, GRATIS Pak", memastikan pada Stakeholders nya bahwa Layanan dari Tim Infrastruktur dan Keamanan Informasi DKISP Tuban selama ini Gratis !!!
Yang terakhir ini Kerens, salut pada Tim Infrastruktur dan Keamanan Informasi DKISP Tuban
Dan yang lebih kerens lagi pengertian dari Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji terkait dengan tidak adanya Anggaran untuk pembelian Suku Cadang di Tim Infrastruktur dan Keamanan Informasi DKISP Tuban, dengan membuat pernyataan "Sudah, Urusan Anggaran nanti Urusan Saya, yang penting PUSDATIN (Pusat Data dan Informasi) BPBD Kabupaten Tuban bisa Optimal".
Kunjungan ke BPBD Tuban pun segera diakhiri dengan, Pamitan kepada Kalaksa BPBD Tuban.
Saya kira cukup untuk tulisan kali ini, dan seperti biasa, pada akhir tulisan saya sampaikan :
Sekali lagi....
"Kembangkan Potensi Diri, Tumbuhkan Semangat Berbagi, Sesungguhnya Memberi Diri Sendiri"
Semoga Bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar