Desk Aplikasi dan Data di Command Center Tuban

Rabu, 23 Maret 20220 comments




Setelah Launching Command Center Tuban, terus berbenah diri, bukan sibuk memperbaiki fisik bangunan, tapi sibuk meningkatkan Kapasitas Personil Pendukung dan Sistem Kerja yang Efisien dan Efektif untuk memberikan Informasi yang Cepat, Tepat dan Akurat pada Bupati Tuban dan Unsur Pimpinan OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) yang nantinya ada di Command Center Tuban saat Proses Pengambilan Keputusan yang dilakukan dalam rangka Optimalisasi Pelayanan Publik. 

SOP (Standar Operasional Prosedur) menjadi Pekerjaan awal yang secara Simultan harus bisa diselesaikan bersamaan dengan Proses lainnya. 

Pengertian SOP secara umum di Wikipedia dapat diilustrasikan sebagai berikut :

Prosedur Operasi Standar atau Standar Operasional Prosedur yang dapat disingkat sebagai SOP, adalah suatu alur/cara kerja yang sudah ter-standarisasi, Standar Operasional Prosedur ini memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur tertulis yang pasti. Wikipedia

Persoalan utama adalah Mencari Standar suatu jenis pekerjaan baik secara aturan maupun keilmuan 🙂

Sambil Jalan SOP tentunya harus bisa disusun, jika perlu Peraturan khusus mengenai Keberadaan Command Center Tuban dan Tugas Pokok dan Fungsinya.

Jika belum ada, ya peraturan yang lebih umum terkait Informasi dan Komunikasi serta kebijakan Bupati Tuban untuk membangun Command Center Tuban sementara dipakai sebagai Dasar untuk mengembangkan Command Center Tuban. 

Dalam rangka meningkatkan Kapasitas Personil Pendukung dan membangun Team Work beberapa waktu lalu telah melakukan Studi Banding ke Command Center Surabaya, setelah beberapa hari diisi dengan Pelatihan Mandiri di Command Center Tuban

Pulang dari Studi Studi Banding ke Command Center Surabaya, saat berasa di Command Center Tuban, pada kesesokan harinya (hari kerja) diskusi kecil segera dilakukan oleh Pengelola Command Center Tuban dan Personil Pendukungnya dibawah arahan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian, Arif Handaya.

Pada hari yang sama, mulai dilakukan Desk Aplikasi dan Data di Command Center Tuban, yang sampai saat tulisan ini dibuat telah berjalan 3 hari dari rencana 5 hari pelaksanaan Desk Aplikasi dan Data. 

Pada kegiatan Desk Aplikasi dan Data ini dilakukan Koordinasi, Kolaborasi dan membangun Sinergi dengan Pengelola Aplikasi OPD di Kabupaten Tuban. 

Akses Informasi ke Aplikasi yang dikelola oleh OPD di Kabupaten Tuban harus bisa diakses dengan Cepat oleh Command Center Tuban, dalam rangka memberikan kecepatan Penyajian Data pada Pengambil Keputusan. 

Semoga Kegiatan bisa berlangsung dengan baik dan bisa memberikan Kontribusi pada Pelayanan Masyarakat Kabupaten Tuban pada umum dan Optimalisasi Command Center Tuban pada khususnya. 

NB :

  • Gambar di atas adalah Suasana Desk Aplikasi dan Data di Command Center Tuban

Referensi :

  • https://www.google.com/url?q=https://id.m.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pantes Aplikasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger